Dear God,
We Want to Be The Sun or The Moon more than The Star

Ya Tuhan, Jadikanlah kami seperti Matahari, seperti Bulan dan seperti Bintang-Bintang


Terima kasih atas kunjungan anda!




Rabu, 25 Desember 2013

KENGERIAN NERAKA

Hal yang orang lupa dirinya tertipu oleh keduniaan, padahal dunia ini akan lenyap. Lalu pikirkanlah bahwa kita akan keluar dari dunia, yang kemudian lanjutkan pemikiran bahwa neraka adalah tempat orang banyak, sesuai dengan firman Allah :
“Dan tidak ada seorang pun padamu melainkan akan mendatangi neraka itu. Hal itu bagi Tuhanmu adalah suatu kemestian yang sudah ditetapkan. Kemudian Kami akan menyelamatkan orang-orang yang bertaqwa dan membiarkan orang-orang yang zalim di dalam neraka dalam keadaan bertekuk lutut.” (QS Maryam : 71-72)
Kemudian apakah kita termasuk yang akan memasuki neraka tersebut ataukah yang selamat daripadanya. Maka bayangkanlah pada hati kita dengan kengerian neraka tersebut yang memungkinkan bagi kita agar selamat dari neraka tersebut.
Abu Hurairah berkata :
Kami bersama Rasullulah saw yang kemudian kami mendengar sesuatu yang jatuh, lalu Rasulullah saw bertanya :”Tahukah kamu suara apakah itu?” Kami menjawab :”Allah dan Rasul-Nya yang lebih mengetahui.” Nabi menjawab :”Itu adalah sebuah batu yang jatuh ke dalam neraka jahanam sejak tujuh puluh tahun yang lalu dan kini berakhir memasuki dasarnya.” (HR Muslim)
Nabi juga bersabda :
“Sesungguhnya yang paling ringan siksaaan bagi penduduk neraka pada hari kiamat yaitu orang tersebut memakai sandalnya dari api neraka itu lalu mendidihlah otaknya dari panas kedua sandalnya” (HR Bukhari-Muslim)
Sabda Nabi saw:
“Neraka telah mengadu pada Tuhannya dengan mengatakan : Ya Tuhanku, telah makan sebagian dari diriku dengan bagian yang lainnya. Lalu Allah mengijinkan bagi neraka untuk memiliki dua bentuk (atau dua angin), yaitu bentuk angin pada musim dingin dan satu bentuk angin pada musim panas. Maka yang paling hebat yang akan dapati pada musim panas yaitu panasnya, dan yang paling hebat yang akan anda dapati pada musim dingin yaitu dinginnya.” (HR Bukhar-Muslim _abu Hurairah)
Dan berkata Ibnu Abbas, Rasulullah bersabda,”Jika sekiranya setetes makanan zaqqum untuk penduduk neraka itu diteteskan pada segenap lautan dunia maka akan rusaklah penduduk dunia itu bagi segenap kehidupan penduduknya, lalu bagaimanakah bagi orang yang makanannya dari makan zaqqum tersebut” (HR Tumudzi dan Ibnu Majah)
Dan Allah berfirman : ”….Sebagaimana orang yang kekal dalam neraka dan diberi minuman dengan air mendidih lalu memotong-motong ususnya “ (QS Muhammad : 15)
Dan Allah juga berfirman : “Sesungguhnya Kami menyediakan bagi mereka yang zalim itu berupa neraka, yang gejolaknya mengepung mereka. Dan jika mereka meminta air minum niscaya mereka akan diberi minuman dengan air seperti besi yang mendidih yang menghanguskan muka. Itulah minuman yang paling buruk dan tempat istirahat yang paling jelek.” (QS Kahfi 29)
Maka itulah makanan dan minuman mereka yang zalim dan berdosa ketika mereka lapar dan haus. (HR Turmudzi)
Nabi bersabda :
“Barangsiapa yang diberi harta oleh Allah dengan tidak mengeluarkan zakatnya maka akan diserupakan harta itu pada hari kiamat sebagai ular yang ganas. Yang akan menggertakkan dengan kedua belah taringnya serta membelit leher orang yang tidak mengeluarkan zakat itu, kemudian menggigit dengan kedua taring mulutnya, lalu mengatakan : Aku adalah hartamu, aku simpananmu. Kemudian Nabi saw membacakan firman Allah dalam Qur’an :”Sekali-kali jangan mereka yang kikir (bakhil) dengan harta yang Allah berikan pada mereka dari kurniaNya itu menyangka bahwa kebakhilan itu baik bagi mereka. Harta yang mereka kikirkan itu akan dikalungkan kelak pada lehernya di hari kiamat. Dan kepunyaan Allah segala warisan yang ada di langit dan bumi. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS Al Imran : 180) (HR Bukhari)
Dengan demikian maka bayangkan tentang keadaan mereka yang memasuki neraka itu. Sesungguhnya Allah menambah ketinggian dan kelebaran tubuh mereka agar nantinya mereka akan merasakan hebatnya siksaan bagi mereka yang sedang dipanasi dengan api neraka tersebut. Begitu pula jika disengat kalajengking atau ular-ular yang mematuk atau menggigit seluruh tubuhnya dengan sekali gigitan.
Allah berfirman :
“Sesungguhnya mereka yang kafir dengan ayat-ayat Kami, kelak akan Kami masukkan mereka ke dalam neraka. Setiap kali kulit mereka hangus, Kami ganti kulit mereka dengan kulit yang lain, agar mereka merasakan siksaan. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” (QS An Nisa 56)
Jadi mereka yang kafir akan disiksa atau akan dimakan oleh neraka itu sepanjang harinya, dan setiap kali neraka itu telah makan, mereka lalu dikembalikan bentuk badannya seperti semula. Lalu pikirkanlah sekarang tentang tangis-tangis penduduk neraka itu, rintihan mereka dan doa atau permintaan mereka dengan kecelakaan dengan neraka tersebut.
Nabi bersabda:
“Dikirimkan pada neraka Jahanam pada hari itu dengan 70.000 tali kendali/kekang, yang setiap kendali tersebut 70.000 malaikat.” (HR Muslim)
Menurut Al Hasan : Akan dikeluarkan dari neraka seseorang setelah 1000 tahun, yang mudah-mudahan aku termasuk orang tersebut. Dan diriwayatkan bahwa Al Hasan sendiri sedang duduk-duduk di sudut rumah dalam keadaan menangis, lalu ditanyakan oleh seseorang : Mengapakah anda menangis? Dia menjawab :”Aku takut dimasukkan ke dalam neraka. Ini akibat banyaknya macam-macam siksaan dalam neraka dan ketinggalan dalam menemui Allah setelah mendapatkan keridhaan_nya yang mau ditukar dengan syahwat dunia yang rendah. ”
Nabi Isa as berkata : Berapa banyak orang-orang yang berwajah baik (gagah dan cantik) dengan wajah yang menarik dan pembicaraan yang fasih tetapi nantinya akan berada pada lapisan neraka dalam keadaan berteriak (mendapatkan siksa karena berbuat dosa).
Firman Allah mengatakan :
“Dan berilah mereka peringatan tentang hari penyesalan, yaitu ketika segala perkara telah diputus, dan mereka dalam kelalaian dan mereka tidak pula beriman.” (QS MAryam 39)
Jika telah diisyaratkan adanya hari kiamat dengan adanya pengadilan pada hari tersebut. Maka sangat disayangkan sekali jika sekiranya anda masih tertawa, bermain-main atau menyibukkan diri dengan kehinaan dunia, dan bukankah pengadilan pada hari kiamat itu juga buat kita? Sedangkan Allah berfirman :”Sesungguhnya mereka yang banyak berbakti benar-benar akan berada dalam surga yang penuh dengan kenikmatan. Dan sesungguhnya mereka yang durhaka benar-benar berada dalam neraka.” (QS Infithar 13-14)

*****
Sumber : Buku “Konsep Hidup Sesudah Mati” Imam Ghazali Halaman 110-116

1 komentar:

Warung Soto Ayam Mulud

Feel The Taste of Our Soto!
So Delicious

By Hari
Jalan Pasar Cawas - Pedan
Sentul Cawas